Thursday, January 28, 2016

6 TIPS MUDAH MENULIS SINOPSIS YANG MENARIK


SINOPSIS 

Sinopsis adalah cerita singkat (ringkasan/rangkuman) cerita. Biasanya sinopsis diminta pertama kali sebagai bahan acuan cerita yang diajukan ke PH. Panjang sinopsis berkisar antara 1 – 2 halaman.



Note :
Walau sinopsis hanya berupa ringkasan cerita bukan berarti isinya cuma cuplikkan-cuplikkan singkat dari ide cerita. Sebuah sinopsis harus sudah bisa mensiratkan maksud dan pesan keseluruhan cerita. Pembaca seharusnya sudah bisa merasakan aroma HOROR jika cerita itu adalah cerita horor. Atau KOMEDI, pembaca harus sudah bisa merasakan kelucuannya dalam sinopsis. Dst..


Tips Membuat sinopsis menarik :

1.    Tentukan Genre (jenis) cerita yang menarik.

2.    Tentukan Tema cerita :
Tentukan tema cerita unik, cerita hasil adaptasi (saduran) dari cerita yang banyak dikenal orang (populer)  atau cerita yang menjadi berita utama dimana-mana (booming).

3.    Tentukan Judul :
Pilih judul yang bisa menarik perhatian penonton/pembaca. Contoh :
-          7 hari hidup didalam kubur
-          Foto ber 3 pembawa maut
-          Pacar ketinggalan kereta
-          Secangkir kopi menabur cinta
-          Bukan Cinderela, dll

4.      Tentukan konflik cerita unik dan belum pernah/jarang diangkat ke film, Contoh :
-          Genre : Misteri
-          Tema : Kisah-kisah Mitos atau Pamali yang banyak meresahkan orang.
-           Judul : Foto ber 3 Membawa Maut
-          Konflik yang diangkat : Pembunuhan dibalik mitos foto bertiga yang membawa            kematian. Tentang cinta buta dan kecemburuan seorang phisokopat.

5.      Tentukan tokoh-tokoh penting dalam cerita yang memiliki kareakter unik supaya bisa        menimbulkan konflik.

Contoh : Judul “Foto ber 3 Membawa Maut”

o   Tokoh Utama : Ajat (Protagonis), seorang pemuda tukang foto keliling yang mengalami dilema setalah kematian kedua pacarnya yang dihubungkan dengan fotobertiga.

o  Tokoh Pembantu : Ismi (Antagonis), seorang gadis yang sudah lama memendam cinta pada Ajat tapi tak pernah kesampaian. Dan dia selalu iri pada gadis-gadis yang dekat dengan Ajat. Ternyata Ismi adalah seorang phsikopat.

o  Tokoh Pendukung : 
   - Mimin : Mantan pacar Ajat yang meninggal secara misterius dan selalu dikaitkan dengan foto bertiga. 
   -  Eneng : Gadsi cantik adaik sepupu Ismi yang baru datang ke daerah itu termyata menjalin cinta dengan Ajat yang kemudian memancing emosi Ismi.
    - Udin : Kakak Mimin (sahabat Ajat) adalah tokoh yang mudah terpengaruh oleh hal-hal misteri seperti pamali dan tahayul hingga membuat konflik cerita semakin runyam (meningkat). dst...

6.    Tentukan alur cerita.
Alur cerita adalah struktur cerita yang dibangun dari beberapa konflik serta hubungan tokoh-tokoh didalamnya hingga membuat keseluruhan cerita menjadi menarik.

Contoh alur :
    Pembunuhan dibalik mitos foto bertiga yang membawa kematian. Cinta buta dan kecemburuan seorang phisokopat yang sampai tega membunuh teman dan saudaranya sendiri demi mendapatkan cinta. Diakhir cerita penonton di giring bahwa mitos foto bertiga membawa maut ternyata belum terbukti. Karena semua kematian ada sebabnya, dan bukan hanya karena foto bertiga.


Contoh Sinopsis :


FOTO BER 3 MEMBAWA MAUT

Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.

Siopsis
By : Koko

            Cerita ini bermula ketika Mimin (20th) di temukan meninggal tenggelam di sungai. Mimin adalah tunangan Ajat (25th) seorang pemuda desa yang berprofesi sebagai tukang foto keliling. Sebelum meninggal terakhir kali Mimin foto bertiga dengan Ajat dan Ismi temannya. Ajat tidak pernah berfikiran kalo Mimin meninggal disebabkan karena “Pamali foto ber 3”.

            Walaupun ditambah lagi dengan perkataan Udin temannya, yang mengatakan foto ber 3 adalah Pamali yang tidak boleh dilanggar, karena yang di tengah bisa menemu ajal lebih cepat. Ajat masih menganggapnya tahayul. Sampai suatu hari Ajat merasa di hantui oleh foto ber tiga dan kematian Mimin. Foto itu selalu saja muncul walaupun sudah beberpa kali coba di buang oleh Ajat.

            Ketakutan Ajat mulai muncul. Bebrapa peristiwa aneh yang berkaitan dengan hasil foto bertiganya dengan Mimin dan Ismi semakin menggoyahkan Ajat. Hingga mimpi yag semakin menguatkan Ajat.

            Dan ketika suatu hari foto polaroid Ajat bekerja secara otomatyis memfoto dirinya, Ismi dan Eneng calon istrinya yang ke 2, Ajat panik. Ajat khawatir hal serupa yang menimpa Mimin akan terjadi pada Eneng. Lalu Ajat berjuang untuk mencegah hal ini terulang kembali.

Nb: Ini hanya sebuah Mitos. Logikanya musibah itu bisa datang dimana saja tanpa kita ketahui. Jadi bukan karena foto bertiga.


Baca juga :

  • Contoh Sinopsis :
  1. Tamu Tengah Malam (Horor)
  2. Ustad yang Ikhlas (Serial Komedi Lepas FTV "Ustad Juga Manusia")
  3. Tetangga oh... Tetangga (Komedi)
  4. Bule Jawa  (Komedi)

No comments:

Post a Comment